Tuesday, February 7, 2017

18 Manfaat Mengkonsumsi Bayam Merah Bagi Kesehatan Tubuh

18 Manfaat Menkonsumsi Bayam Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Sayur bayam telah lama dikenal sebagai sayuran yang terdapat sumber zat besi yang sangat penting. Bayam banyak mengandung kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuhBayam merupakan sumber bagi vitamin K dan A, magnesium, mangan, serat, folatkalsium, protein, dan sebagainya. Bayam juga rendah kalori.

Dengan mengkonsumsi bayam maka manfaat bayam yang sangat kaya akan kandungan vitamin A, mineral, dan sebagainya dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat bayam merah bagi kesehatan hampir sama dengan bayam hijau, namun ia memiliki kandungan gizi yang sedikit berbeda perannya Bayam merah juga rendah kalori. Hal tersebut yang menjadikan bahwa bayam menjadi salah satu makanan yang bernutrisi lengkap.

Mungkin dari kalian ada yang suka dan ada yang tidak makan bayam, bayam sangat baik untuk kesehatan dan menjadi sumber tenaga. Pernah nonton kartun Popaye si pelaut? Makanan yang jadi sumber energi nya saat melawat pluto adalah Bayam. Bayam sangat mudah di budidayakan di halaman rumah, kebun.
Baik Langsung saja, 18 Manfaat Mengonsumsi Bayam Bagi Kesehatan Tubuh :

18 Manfaat Mengkonsumsi Bayam Merah Bagi Kesehatan Tubuh

1. Manfaat Bayam Merah untuk Diet


Jika Anda sedang berada dalam program diet atau ingin mendapatkan tubuh ideal maka mengonsumsi bayam adalah sulusi agar mendapatkan tubuh idea.Bayam merupakan sayuran yang perlu untuk kalian konsumsi. Bayam mengandung 20 persen serat makanan baik untuk membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah.

2. Manfaat Bayam Merah Untuk Melawan Kanker


Dalam daun bayam terdapat kandungan flavonoid, yaitu sebuah phytonutrisi yang memiliki sifat anti-kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa flavonoid akan mampu mencegah terjadinya pembelahan sel kanker di perut, kanker prostat dan sel kanker kulit. Kandungan flavonoid pada bayam juga terbukti menurunkan risiko kanker sebesar 34% terutama pada kanker payudara, kanker rahim.

3. Manfaat Bayam Merah Untuk Menjaga Kesehatan Mata


Terlalu sering di depan komputer, televisi, dll. Tahukah kamu bahwa terlalu sering di depan komputer dapat menyebabkan mata menjadi kabur, panas dan akan berakibat fatal bagi mata anda jadi mengkonsumsi bayam dapat membantu mata agar terhindar dari katarak dan degenerasi makula dan minus. Hal ini berkat kandungan karotenoid, salah satu bentuk antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

4. Manfaat Bayam Merah Untuk Menjaga Kesehatan Tulang


Selain baik dapat menjaga kesehatan mata, bayam juga mampu menjaga kesehatan tulang. Mulailah menjaga kesehatan tulang dari usia dini dengan mengkonsumsi bayam. Bayam juga mengandung vitamin K yang tinggi, Vitamin K ini sangat penting untuk mencegah pengeroposan tulang yang mengakibatkan osteoporosis. Selain itu, masih ada mineral lainnya seperti fosfor, tembanga, seng, magnesium juga membantu menguatkan tulang.

5. Manfaat Bayam Merah Untuk Menjaga Kesehatan Kulit


Selain menjaga kesehatan organ dalam seperti tulang bayam juga bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin A yang sangat tinggi pada bayam merah mampu menjaga kesehatan kulit dan menjaga kelembaban pada lapisan epidermis, prosiasis hingga keriput, mengatasi jerawat. Jadi bisa membuat anda awet muda.

6. Manfaat Bayam Merah Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Satu cangkir bayam sudah bisa memenuhi kebutuhan gizi harian vitamin A. Melindungi dan memperkuat "entry point" ke dalam tubuh manusia, seperti membran mukosa, saluran pernapasan, saluran kemih dan usus. Juga merupakan komponen kunci dari limfosit atau sel darah putih yang memerangi infeksi sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Karena penyakit bisa menyerang kapan saja jadi rutinlah memakan bayam agar menambah kekebalan tubuh kita.

7. Manfaat Bayam Merah Untuk Anti-inflamasi


Bayam memiliki sifat alkalinitas yang tinggi. Sayuran ini merupakan pilihan yang sempurna bagi penderita penyakit inflamasi, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

8. Manfaat Bayam  Merah Untuk Mencegah penyakit Kardiovaskular


Sayuran ini merupakan sumber asam folat yang baik, juga mengandung choline dan inositol. Asam folat berfungsi mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah yang bertanggung jawab terhadap tingginya resiko penyakit jantung. Sementara choline dan inositol membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.

Baca Juga : Kenali 5 Gejala Awal Penyakit Jantung Yang Harus Diketahui Sejak Dini Dan Tip Cara Pencegahannya

9. Manfaat Bayam Merah Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Bayam merupakan sayuran sumber kalium tinggi namun rendah kandungan sodiumnya. Keseimbangan dua mineral ini sangat membantu pasien darah tinggi dalam menurunkan tekanan darahnya. Kandungan asam folat dalam bayam juga turut andil dalam elastisitas pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.

10. Manfaat Bayam Merah Untuk Menurunkan Risiko Diabetes


Jika Anda adalah termasuk orang dengan risiko tinggi terkena diabetes, maka mengkonsumsi bayam adalah hal yang baik. Mengkonsumsi bayam secara rutin membantu menjaga tingkat gula dalam darah agar tetap stabil. Kandungan magnesiumnya sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes untuk mencegah terjadinya komplikasi.

11. Manfaat Bayam Merah Untuk Mencegah Anemia


Bayam merupakan sayuran dengan kandungan zat besi yang tinggi, jadi sangat dibutukan bagi Anda yang memiliki resiko tinggi terkena anemia.  Zat besi membantu proses pembentukan sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

12. Manfaat Bayam Merah Untuk Mengobati Gusi Berdarah


Penyebab gusi berdarah adalah adanya kuman sisa makanan yang menempel di gusi penyebabkan gigi berlubang membuat gusi lebih mudah diserang kuman. Pendarahan pada gusi bisa disebabkan oleh karena kekurangan vitamin C dan terlalu banyak asupan gula halus dalam tubuh. Untuk mengatasinya Anda dapat mengkonsumsi bayam dengan wortel dibuat jus.

13. Manfaat Bayam Merah Untuk Sumber Anti-oksidan


Bayam mengandung vitamin C, vitamin E, beta-karoten, mangan, seng, dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan kuat. Mencegah terjadinya terjadinya osteoporosis, aterosklerosis, dan tekanan darah tinggi.

14. Manfaat Bayam Merah Untuk Mencegah Pengapuran


Kandungan vitamin K pada bayam berperan penting dalam proses yang disebut karboksilasi. Ini merupakan proses yang secara langsung mencegah kalsium dari pembentukan kapur dalam jaringan. Mengkonsumsi satu cangkir bayam secara rutin dapat mencegah aterosklerosis, penyakit jantung, dan stroke.

15. Manfaat Bayam Merah Untuk Saraf dan Otak


Bayam sangat baik untuk saraf dan otak karena kandungan vitamin K dari bayam juga berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan fungsi otak untuk sintesis sphingolipids (lemak penting yang membentuk selubung myelin di sekitar saraf ).

16. Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan Pencernaan


Kesehatan pencernaan dapat dijaga dengan rutin mengkonsumsi bayam. Kandungan vitamin A dan vitamin C dari bayam dapat melindungi usus dan saluran cerna dari radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Sementara kandungan asam folatnya dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi pada sel-sel usus.

Baca Juga : 5 Mitos Tentang Tubuh Gemuk Yang Harus Kamu Ketahui

17. Manfaat Bayam Merah Untuk Pertumbuhan


Zat besi merupakan mineral yang penting bagi pertumbuhan anak-anak dan remaja. Mulailah mengonsumsi bayam dari usia dini agar pertumbuhan normal dan baik. Selain itu, bermanfaat juga bagi ibu hamil yang rawan terkena anemia. Bayam mengandung kalori lebih banyak namun tetap rendah lemak dan bebas kolesterol.

18. Manfaat Bayam Merah Untuk Mencegah Kelelahan


Selain meningkatkan kekebalan tubuh, bayam juga dapat mencegah rasa lelah tubuh akibat terlalu banyak bekerja atau sehabis sakit. Mengkonsumsi bayam dapat meningkatkan jumlah energi, zat besinya membantu meningkatkan produksi oksigen dalam tubuh. Bayam bisa menambah energi.

Jadi kamu masih bingung mau mengonsumsi bayam yang sudah jelas manfaatnya seperti di atas. Mulailah dari sekarang agar tidak mudah terkena penyakit dan yang pastinya bisa kuat seperti Popaye.
Sekian artikel dari TIPHIDUP semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment